TIPS SUKSES EO ALFATETA

Tidak banyak orang yang menekuni bisnis EO (Event Organizer) pelatihan, karena dianggap sulit. Kalau dibilang sulit ya sulit apalagi bisnis ini cuma dianggap sampingan dan si EO menganggap EO sama menjual barang atau jasa umum. Prinsipnya, bekerja biasa saja hasilnya juga biasa. Jika Anda berhasil menjadi EO profesional, Anda bisa meraih puluhan juta setiap bulan dari bisnis yang nyaris dibangun dengan modal relatif kecil ini. 

Anda harus fokus, kalau mau jadi pembicara jadilah pembicara, kalau mau jadi EO ya jadilah EO. Satunya yang dijual satunya yang menjual. Kebanyakan orang berpikir dia mau jadi pembicara sekaligus EO. Ini akan jadi rancu. Lebih baik Anda jadi EO dan tetapkan Anda sebagai penjualnya.

Langkah pertama untuk menjadi EO profesional, Anda harus bergabung bersama Alfateta. Hanya Alfateta yang mau membimbing Anda dari nol. Syaratnya Anda mengikuti petunjuk. Kalau Anda punya kreatitivas ya bagus. Dengan bergabung di Alfateta, Anda otomatis telah memiliki nama baik, karena Alfateta ada sejak tahun 2007 dan memiliki goodwill. Untuk sementara di Alfateta Anda bisa menjual pelatih yang berpengalaman Bambang Prakuso. Alfateta merencanakan akan membentuk Associate Trainer, jadi Anda tidak sekadar memasarkan Bambang Prakuso, tetapi trainer yang diciptakan untuk menjadi kader pengganti Bambang Prakuso, dan trainer yang diajak Alfateta bergabung sebagai Associate Trainer.

EO yang berpengalaman akan mendapatkan banyak order dari perusahaan atau lembaga pendidikan untuk mengirimkan pelatih-pelatih yang dibutuhkan mereka. Jika mereka mengundang pelatih dari EO maka disebut sebagai inhouse training. Kalau sudah seperti ini maka Anda akan mendapatkan permintaan dan uang pun mengalir ke lembaga Anda.

EO adalah bisnis menjual "orang pintar". Anda menjual orang yang memiliki keahlian tertentu untuk menjadi pembicara atau konsultan. 


Syarat Menjadi EO

Syarat, hak dan kewajiban EO silakan baca di penjelasan di web ini.


Tips dan Trik Promosi

  1. Anda harus menyediakan waktu khusus untuk mengelola bisnis ini. Tidak bisa sambilan. Kerja sambilan, hasil juga tidak akan memuaskan. Jika Anda sibuk Anda harus mendelegasikan kepada orang yang Anda percaya dengan bekerjasama.
  2. Anda harus mengikuti perkembangan konvensional marketing dan internet marketing serta social media marketing. Di FB sering ditawarkan pelatihan internet marketing. Jika bisa ikutilah. Juga ada Media Social Marketing atau WA marketing. Ambil penawaran2. Itu sering kali ditawarkan di WA Grup iklan. Biayanya pun murah, tidak sampai Rp 200 ribu. Bahkan seringkali hanya Rp 50.000. Kenapa murah, karena ini pemasaran berantai. Misal Anda membeli seharga Rp 100.000, Anda bisa menawarkan lagi pelatihan ini dengan harga yang sama. Semua pembeli berantai akan dimasukkan dalam grup WA mereka, jadi yang akan melayani pembeli-pembeli dari Anda adalah meeka. Mengapa mereka mau melayani dan memaintanance pembeli yang bukan beli dari mereka, karena mereka seringkali memanfaatkannya untuk menawarkan program pelatihan baru atau beriklan. Ya gak apalah yang penting ilmunya.Kalau yang di FB agak mahal, bisa antara Rp 150.000 sd 500.000. Apakah semuanya baik, tidak juga. Kami pernah beli program WA blaster yang bisa mengirim ke ratusan nomor WA sekaligus. Ternyata setelah dipraktekkan tidak bisa. nah ini kita harus siap rugi, minimal kita tambah pengetahuan dan berhati-hati. Kalau gak kena begini kita gak pintar-pintar kan.
  3. Gunakan pemasaran konvensional dengan SMS . SMS masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan WhatsApp. Karena SMS pasti dibaca. Selain itu Anda bisa mengirim ribuan SMS dalam sehari. Ini pasti tidak bisa dilakukan oleh media sosial mana pun. Anda akan kena blokir. Kalau SMS sepanjang anda mengikuti aturan yang ditetapkan penyedia jasa seluler, Anda aman. SMS sangat cocok untuk memasarkan pelatihan di daerah Anda sendiri. Untuk mengirim informasi atau iklan via SMS Anda harus memiliki modem batang. Lihat gambar. Beli minimal 1. Yang 3G saja, karena kalau 4G mahal. Modem batangan ini hanya untuk kirim SMS. Gunakan program Gilli SMS yang banyak dijual di bukalapak.com. Tapi umumnya bajakan, karena kalau yang asli sangat mahal. Kami pernah beli Rp 500.000 termasuk modem Wavecom. Kami memiliki 3 modem batang. Tiap operator memiliki promo paket SMS. Indosat misalnya untuk 1450 SMS ke sesama Indosat hanya Rp 2.500. Simpati untuk 2000 SMS hanya Rp 6.000. Tiap operator memberikan batasan kirim SMS per jam. Berbeda tiap operator. Nah dengan program Gilli Anda bisa mengirimkan SMS per jam 150 misalnya. Jadi jika Anda gunakan paket SMS simpati misalnya, Anda bisa kirimkan 150 x 13 jam = 2000 SMS. Waktu kirim 150 SMS sebenarnya bisa hanya 15 menit. Jadi modem 45 menit diam, menunggu sampai 1 jam akan kirim 150 SMS lagi. Nah kalau Anda punya 3 modem maka dalam sejam Anda bisa kirim 450 SMS atau 450 x 13 = 6.000 SMS.
  4. Kumpulkan Database sebanyak mungkin. Anda harus memiliki banyak nomor hp. Setiap nomor hp adalah aset yang bisa menghasilkan jutaan rupiah. Jika Anda punya 2000 nomor hp teman yang dikenal langsung maupun tidak langsung, itu artinya Anda punya 200.000 nomor HP teman. Kok bisa begitu? Ya, Anda kloning saja nomor tersebut per nomor x 100. Misalnya nomor teman Anda 08683657811, nah Anda kloning menjadi 08683657813. 08683657813,086836578114 dstnya sampai 100. Anda harus mengumpulkan semua nomor ini per di excell maksimal 300 nomor. Nah Anda tinggal insert semua nomor ke alamat tuju. Maka pesan anda terikirim ke 300 orang dalam waktu 10-15 menit. Mengapa hanya 300, ya lebihd ari 300 pengalaman kami gagal. Mungkin teman Anda ada yang di luar daerah, sehingga SMS tidak efekti. Karena itu paling efektif adalah Anda membeli nomor HP dari counter. Pengalaman mereka diberi Rp 10.000 semua nomor dibuku catatan mereka diberikan. 1 buku biasanya berisi minimal 1000 nomor. Jika dikalikan 100 kloning, Anda punya 100.000 nomor.
  5. Beli database. Kami melihat seringkali di grup-grup WA yang membolehkan iklan ada tawaran nomor HP yang bisa dibeli dengan harga yang sangat murah. Misal Rp 10 per nomor. Hanya saja kelemahannya, nomor ini tidak bisa diketahui berada di wilayah mana.
  6. Kolam Ikan. Anda harus rajin membuat grup WA, grup itu bisa grup bisnis, grup humor, grup motivasi, dll. Buatlah orang rajin mengisi tulisan di sini. Yang pasang iklan di kolam Anda ya bisa dikeluarkan. Berikan aturan bagi anggota grup. Nah kolam ikan ini Anda gunakan untuk promosi pelatihan. Kita nanti juga akan menjual buku, pelatihan rutin ke sekolah, dll. Sehingga Anda gak rugi membuat grup. Kalau dibolehkan Anda beriklan di group lain silakan dimanfaatkan untuk promosi.
  7. FB ADS. FB ads sebenarnya sangat efektif, karena bisa distel sesuai target. Misalnya khusus Bandung saja, atau Jabar saja. Kita bahkan bisa mentargetkan, misal MLM, motivasi, mahasiswa, ibu rumah tangga, marketing, dll. Kita juga bisa menargetkan usia mereka. Nah ini perlu sedikit pengetahuan. Sebenarnya kalau Anda mau Anda bisa belajar dari youtube.com bagaimana agar iklan kita tidak boncos. Awal-awalnya kami mengalami boncos karena tidak tahu, tapi belakangan ini sudah tahu rahasianya. Targetnya harus pas. Dan anda harus tahu untuk beriklan di FB Ads kita harus punya websiten, baik yang bayar atau gratisan. Karena nanti orang yang klik iklan kita harus diarahkan minta informasi ke mana. Nah harus diarahkan ke web. Selain itu gambar iklan tidak boleh banyak tulisan. Semakin sedikit tulisan semakin meringankan biaya. Karena itu lebih banyak gambar diutamakan. Biar nanti penjelasan mereka klik. Bisa juga diarahkan yang mengklik ke WA kita. Biasanya masa iklan 10 hari, bisa kita tambah atau kita kurangi waktu promosinya. Biaya sekitar Rp 100.000 atau kadang dia juga minta sampai rp 200 ribu. Dibayar via ATM ke rekening virtual yang FB berikan.


CARA MENGHINDARI KERUGIAN

  1. Jangan bayar DP ke hotel yang dibooking. Anda wajib mengetahui hotel atau tempat-tempat pelatihan di daerah Anda. Tanyakan pada bagian banqet berapa biaya sewa ruangan saja dan bila kita memesan makanan dari hotel. Biasanya berkisar Rp 150.000 sd Rp 200 ribu (ada yang termasuk coffee break 1 kali atau 2 kali di samping makan). Kalau Anda ingin lebih murah lagi, Anda bisa download aplikaxi Xwork di playstore. Xwork adalah sebuah jasa yang memasarkan tempat-tempat pelatihan, hotel, perkantoran, aula, bahkan sampai rumah yang bisa dijadikan tempat meeting. Biaya yang dikenakan antara hotel tanpa aplikasi dan dengan aplikasi sangat berbeda. Di XWork misalnya hotel Rivoli, kami mendapatkan harga sewa Rp 100.000 per jam. Jadi untuk 7 jam Rp 700 ribu. Tidak termasuk makan. Kita bisa bawa makan sendiri (biasanya di hotel lain tidak bisa). Nah, ketika ditanyakan ke marketing hotel harga sewa tempat saja Rp 2.000.000. Ada juga yang sewa tidak dihitung, tapi per orang dikenakan biaya Rp 150.000. Minimal 5 orang misalnya. Ini boleh kita ambil jika biaya pelatihan di atas Rp 750.000. Tapi untuk menghindari kerugian jika pelatihan tidak terjadi, sebaiknya Anda cukup tahu harganya saja. Jika masuk langsung kita umumkan tempat pelatihannya. Kita bayar DP jika peserta sudah pasti minimal 5 orang mislnya. Nah risikonya pas kita sudah dapat kepastian orang, hotel sudah dibooking orang. Selama peserta ada dalam catatan Anda, tidak ada masalah, yang penting tempat pengganti tidak terlalu jauh dari lokasi yang diiklankan. Segera beritahu peserta tempat pelatihan yang fix. Jangan tidak memberitahu peserta. Untuk antisipasi agar peserta yang mendaftar di lokasi, tempat pelatihan harus tidak jauh dari lokasi yang telah disebutkan. Karena itu Anda wajib mencari tahu tempat pelatihan yang lain.
  2. Perhatikan kelengkapan Alat. Ketika menanyakan harga tanyakan juga apakah sudah termasuk infokus, kabel audio, apakah ada speaker atau sound system, layar, dan fasilitas apa saja yang disediakan. Apakah juga ada air mineral. Jika kita menyewa tempat saja, apakah boleh membawa nasi kotak dari luar. Kalau tidak ya kita harus bayar per pack.
  3. Jika bisa pembicara menginap di hotel tempat diselenggarakannya acara, jika pun tidak carikan tempat di sekitar hotel tersebut.
  4. Tidak harus hotel. Kita tidak harus menyelenggarakan acara di hotel. Bisa juga diselenggarakan di aula meeting perkantoran, aula yang biasa dipakai untuk seminar. Coba cek apakah di daerah Anda ada Xwork melalui aplikasi. Kalau ada bagus, artinya kita tidak usah capek-capek. Kalau biaya sewa tidak terlalu mahal, langsung ambil risiko saja kita sewa, jangan sampai diambil orang. Kalau EO profesional biasanya mereka siap rugi jika acara tidak jadi diselenggarakan. Karena itu minimal kita bayar DP. Kalaupun tidak jadi apa boleh buat. Itu risiko EO. karena itu untuk antisipasi, kita harus juga menawarkan pelatihan inhouse training.





Bagikan Post

Artikel Terkait
Komentar
  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Komentar Anda *

Nama Lengkap *

Email *

Kode Verifikasi *

Profil

ALFATETA INDONESIA

ALFATETA Indonesia adalah lembaga pelatihan perubahan mindset dan pemberdayaan pikiran yang memiliki missi Indonesian Dream, terciptanya masyarakat yang cerdas, mandiri,

Subscribe

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Go to TOP