SURAT UNTUK ORANGTUA

*ALFATETA INDONESIA MIND POWER ACADEMY*
Jl. Kalibata Timur No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan
HP/WA 081380642200. www.alfateta.com. Email: bambangprakuso@gmail.com

Kepada Yth.
Orangtua siswa/mahasiswa
Guru/Kepala Sekolah/Dosen
Para pejabat/Pengusaha Peduli Bangsa
Di tempat

Jakarta, 15 Agustus 2019

Perihal: Ajakan menumbuhkan minat baca dan kecepatan membaca bangsa Indonesia dengan SSR

Dengan hormat,
Perkenalkan, saya Bambang prakuso, pelatih SSR (Super Speed Reading) Alfateta Indonesia (Mind Power Academy). Lembaga kami memiliki visi Indonesian Dream (terciptanya masyarakat yang cerdas, mandiri, sejahtera, dan berakhlak).
Kita prihatin dengan tingginya tingkat kemiskinan, kebodohan, kriminalisme, penyalahgunaan narkoba, korupsi, konsumerisme dan rendahnya produktivitas bangsa kita. Tidak ada jalan lain yang harus kita lakukan secepatnya mengatasi hal di atas kecuali meningkatkan minat baca dan kecepatan membaca pada bangsa kita.
Saat ini kondisi minat dan kecepatan baca bangsa Indonesia kita sangat memprihatinkan. Kita adalah negara paling malas baca di dunia (Unesco: Termalas 60 dari 61 negara). Bayangkan Asean (Thailand, Malayasia, Singapura, Filipina), Jepang, Eropa minat bacanya di atas 50%, Indonesia? 0.001%. Soal kecepatan membaca Asean 5 buku/tahun, Jepang 13 buku/tahun, Eropa (22 buku/tahun), Indonesia? 1 buku pun tidak. Ini sungguh memprihatinkan, apalagi Indonesia adalah pemilik perpustakaan no. 2 terbanyak di dunia.
Kemalasan membaca merupakan biang keladi mengapa bangsa kita sulit sekali mengatasi permasalahan bangsa dan sulit berpikir sejajar dengan bangsa maju di dunia. Ini sangat berbahaya dan tidak bisa dibiarkan. Semua pihak harus peduli. Jika dalam 5 tahun ke depan kita gagal atau tidak serius meningkatkan minat dan kecepatan bangsa kita, Indonesia dalam bahaya. Gadget telah merampas waktu anak kita untuk membaca. Orangtua tidak tahu bagaimana memanfaatkan gadget untuk membantu anak memiliki minat baca dan kecepatan membaca. Kita beralasan buku mahal dan sekarang sudah ada ebook. Ini pendapat keliru. Sebagai pelatih SSR kami menyimpulkan ebook tidak dapat memaksimalkan minat dan kecepatan membaca.
Bapak/Ibu orangtua, guru, dosen, dan para pejabat pengusaha yang kami hormati,
Revolusi mental atau perubahan mindset, hanya bisa terjadi jika masyarakat kita rajin membaca buku. Karena buku disusun secara sistematis serta komprehensif. Minat dan kecepatan membaca buku hanya bisa dilakukan jika kita menguasai SSR (Super Speed Reading). Sebanyak apa pun buku yang kita beli, sebanyak apa pun pemerintah mendirikan perpustakaan, tanpa mengajarkan SSR kita tidak berdaya meningkatkan minat dan kecepatan membaca. Apakah SSR? SSR adalah kemampuan membaca minimal 500 kpm (kata/menit). Tidak saja membaca tetapi juga mengingat dan mempresentasikannya. Dengan SSR kita mampu membaca bahkan 5 buku @ 200 halaman dalam sehari.
Saat ini 500 kpm adalah kecepatan yang dimiliki pembaca tercepat di dunia dalam sejarah (John F Kennedy, Jimmy Carter, Indira Gandhi). Kecepatan membaca bangsa kita umumnya adalah 200 kpm-300 kpm. Dan dalam test membaca yang kami lakukan sebelum pelatihan SSR, ditemukan kenyataan kecepatan membaca mahasiswa atau S3, guru atau dosen tidak jauh beda dengan lulusan SD (sekitar 200 kpm -250 kpm). Ini adalah masalahnya. Ketika kita sulit membaca, maka kita sudah pasti sulit menulis laporan ilmiah apalagi buku. Ini terkait dengan minimnya minat menulis buku bangsa kita.
Berapa kecepatan membaca siswa setelah mengikuti pelatihan SSR Alfateta? Minimal 500kpm. Bahkan ada yang bisa mencapai 800kpm bahkan 1000 kpm. Ini bisa terjadi karena bukan teknologi saja yang terus berkembang, tapi juga pikiran dan ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu membaca cepat (SSR).
Biaya Tinggi
Memang kami akui bahwa saat ini jika disearch di google biaya pelatihan baca cepat seperti SSR sangatlah tinggi. Hal ini karena training diselenggarakan atas swadana event organizer, tidak dibiayai oleh pemerintah. Selain itu mengajarkan SSR tidaklah mudah. Diperlukan pengalaman oleh orang yang banyak membaca dan menulis buku.
Jika lembaga lain memberikan biaya minimal Rp 1,5 juta/orang dan ada yang mencapai Rp 4,5 juta, untuk mewujudkan Indonesian Dream, Alfateta memberikan biaya pelatihan hanya Rp 300 ribu/orang. Namun dengan ketentuan sbb:
1. Pelajar SD Rp 300.000/siswa (efektif kelas 4,5,6)
2. Pelajar SMP Rp 350.000/siswa.
3. Pelajar SMA Rp 400.000/siswa.
4. Mahasiswa Rp 450.000/mahasiswa.
5. Guru Rp 500.000/guru.
6. Dosen/Pasca Sarjana Rp 550.000/dosen (PS)

Catatan:
1. Waktu pelatihan 1 hari. minimal 30 peserta
2. Jika jumlah peserta kurang dari jumlah di atas, maka biaya naik. Minimal order sekali pelatihan adalah Rp 10.000.000
3. Jika jumlah peserta 50 orang, kami dapat memberikan investasi khusus yakni Rp 15 juta untuk 100 orang. Itu artinya biaya per orang hanya Rp 150 ribu dengan waktu pelatihan 4 jam sd 7 jam (sesuai permintaan pengundang).
4. Jika pihak pengundang tidak mau repot dengan mengurusi transportasi dan akomodasi, maka dari biaya di atas ditambahkan Rp 50.000. Misal 30 orang menjadi Rp 1,5 juta. Kekurangannya kami yang tanggung. Hanya berlaku untuk Jawa dan daerah Sumatra bagian Selatan dan Bali. Jika biaya lebih dari Rp 1,5 juta maka kekurangannya ditutup oleh pengundang.
5. Biaya di atas berlaku untuk pelatihan yang diselenggarakan mulai pukul 09.00. Untuk pelatihan yang dimulai pukul 07.00 ditambahkan biaya transportasi dan akomodasi pelatih.
6. Untuk waktu harus dikonfirmasi dulu dengan pelatih agar dijadwalkan. Untuk pelatihan di daerah, agar sekali terjadwal 2 tempat pelatihan.
7. Pelatihan tidak untuk karyawan tetapi lebih dikhususkan pada pengingkatan minat dan kecepatan membaca pada bahan ajar. Dan biaya di atas tidak untuk karyawan atau umum. Biaya untuk karyawan akan kami kirimkan proposal tersendiri.
8. Biaya yang di atas berlaku sama baik yang ditawarkan oleh EO kami atau pun oleh Alfateta langsung.

Bagi bapak/ibu guru, para orangtua, dosen, yang berminat, segara mengirimkan formulir kepada Alfateta atau EO (event organizer) atau perewakilan kami yang mengirimkan penawaran surat ini kepada Bapak/ibu. Kami lampirkan proposal bersama ini tentang kurikulum SSR dan metode yang kami gunakan untuk mengajar SSR.
Jika bapak/ibu adalah seorang pejabat atau pengusaha, kami mohon kepedulian bapak/ibu untuk memberikan sumbangan penyelenggaraan pelatihan ini terutama di sekolah-sekolah yang kurang mampu. Ketika bapak ibu mensedekahkan atau meng infaqan uang bapak/ibu untuk pelatihan ini, maka bapak/ibu mendapatkan 2 amal Zariah sekaligus, yakni: 1 Uang yang bapak/ibu sedekahkan, 2. Ilmu pengetahuan bermanfaat yang Anda bagikan melalui kami. Sumbangan bapak/ibu sangat berarti bagi perubahan mindset dan mentalitas bangsa ini. Jika bapak/ibu sebagai pejabat, pengusaha, guru, kepala sekolah, dosen bersedia membantu kami melaksanakan gerakan membaca buku ini, kami yakin dalam waktu kurang dari 5 tahun, kita sudah bisa menaikkan index baca kita menjadi minimal 10 kali lipat dari kondisi saat ini.
Demikian surat ini kami sampaikan, silakan isi formulir di bawah ini dan kirimkan kembali kepada EO kami di seluruh Indonesia.

Salam

Bambang Prakuso, BSM
Pelatih Utama SSR Alfateta Indonesia Mind Power Academy

Bagi yang berminat dapat meminta:
1. Formulir
2. Proposal lengkap tentang Super Speed Reading dan pelatihan lain dari Alfateta

Bagikan Post

Artikel Terkait
Komentar
  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Komentar Anda *

Nama Lengkap *

Email *

Kode Verifikasi *

Profil

ALFATETA INDONESIA

ALFATETA Indonesia adalah lembaga pelatihan perubahan mindset dan pemberdayaan pikiran yang memiliki missi Indonesian Dream, terciptanya masyarakat yang cerdas, mandiri,

Subscribe

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Go to TOP