PROPOSAL PETA PIKIRAN

PROPOSAL  PETA PIKIRAN

PROPOSAL PETA PIKIRAN

Silakan didownload di

https://www.scribd.com/document/357000141/Proposal-Khusus-Peta-Pikiran-Mind-Mapping


PROPOSAL PELATIHAN 5 JAM


PETA PIKIRAN


SEBAGAI CARA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN


DOUBLE MIND POWER


 

LATAR BELAKANG

Pengertian Peta Pikiran.

·          Peta Pikiran adalah istilah lain dari Mind Mapping, Mind Map atau Brain Map, yakni  sebuah teknik meringkas atau menuangkan ide secara singkat sistematis dan mudah dimengerti dalam bentuk akar pohon berupa tulisan dan gambar simbol


·          Belajar dengan menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) seharusnya sudah merupakan keharusan bagi para pelajar Indonesia. Mengapa? Karena  Peta Pikiran telah digunakan oleh pelajar di hampir semua negara maju. Bagaimana dengan di Indonesia? Delapan tahun lalu ketika Alfateta Indonesia melakukan Road Show keliling Indonesia mengajarkan ilmu Mind Power, Change Mindset, Cara Melejitkan Prestasi Siswa, kepada ribuan pelajar dan guru, hanya segelintir guru dan murid yang mengenal Peta Pikiran atau mind mapping. Padahal ketika itu Peta Pikiran menjadi pelajaran wajib di Singapura dan Thailand.


·          Kami mengira dengan diperkenalkannya Kurikulum tahun 2013, para murid dan guru sudah tak asing lagi dengan Peta Pikiran. Tapi betapa terkejutnya kami karena ketika di tahun 2017 kami melatih hampir 500 pelajar di kota di Jawa Timur, hanya segilintir siswa yang tahu Peta Ingatan. Ternyata belum ada perkembangan berarti penggunaan Peta Pikiran dalam proses belajar dan mengajar.


 


Tahu Tapi Tidak Menerapkan.


·          Setahun sebelumnya kami pernah diminta untuk memberikan pelatihan kepada puluhan guru di suatu sekolah di Bekasi. Kepada ketua Yayasan kami bertanya apakah para guru sudah mendapatkan pelatihan Peta Pikiran? Pihak yayasan mengatakan sudah.


·          Saat kami mengajar kami menyempatkan diri untuk melihat catatan para guru, apakah mereka telah menggunakan Peta Pikiran. Mengejutkan, tidak ada satu guru pun yang menggunakan catatan dengan Peta Pikiran. Semuanya menggunakan catatan linear. Ketika ditanya, apakah Peta Pikiran itu, mereka menyamakannya dengan Ingatan Super atau Super Brain Memory. Peta Pikiran tidak sama dengan Ingatan Super, walau Peta Pikiran bagian dari cara mengingat. Jadi pantas saja, para guru yang katanya sudah belajar ternyata tidak memahami cara dan manfaat Peta Pikiran.


·          Dari pengalaman tersebut, kami berkesimpulan, kami harus segera mensosialisasikan penggunaan Peta Pikiran kepada para pelajar dan guru, serta mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia. Kita akan terus tertinggal jika kita tidak menggunakan Peta Ingatan dalam proses belajar dan mengajar.


·          Pemerintah sepertinya masih memandang sebelah mata tentang Peta Pikiran yang sebenarnya sangat luar biasa ini. Ini bisa dibuktikan minimnya sosialisasi, pelatihan, dan juga terlihat dari buku-buku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan yang sulit dibuatkan Peta Pikirannya. Judul dan sub judulnya sangat panjang, sehingga pelajar setingkat SD dan SMP akan sulit membuat Peta Pikirannya. Seharusnya jika Kementerian Pendidikan mengharapkan guru atau murid membuatkan Peta Pikirannya, judul dalam buku teks keluaran pemerintah itu, penyusunnya membantu menemukan kata kuncinya.


 


Sejarah Peta Pikiran


·          Peta Pikiran sebenarnya telah digunakan oleh para pemikir, penemu, pemimpin besar dan orang-orang sukses di dunia seperti  Leonardo Da Vinc,  Galileo Galilei, Richard Feynman, Albert Einstein dll.


·          Peta Pikiran atau Mind mapping dipopulerkan kemudian oleh Doktor Tony Buzan tahun 1970. Buku dan seminar Mind Mapping Tony Buzan telah diajarkan dan digunakan oleh ratusan negara di dunia dan telah diterjemahkan dalam 30 bahasa termasuk Indonesia.


·          Dunia pendidikan dan dunia usaha mengakui Peta Pikiran (istilah Alfateta) sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan dan dunia kerja.


 


DOUBLE MIND POWER


Mengisi Air dari Corong


·          Sekolah mengisi dari bagian corong kecil. Apa yang terjadi jika kita mengisi air dari corong dari bagian kecilnya? Tentu saja airnya akan banyak tumpah dan yang masuk sangat sedikit. Ditinjau dari sudut ilmu mind power (ilmu tentang kekuatan pikiran), dunia pendidikan sedang menuangkan air dari bagian corong yang kecil, sedangkan belajar dengan menggunakan Mind Power, kita mengisi air dari bagian corong yang besar. Itulah sebabnya mengapa siswa mengalami kebingungan, mudah bosan, malas-masalan, lebih suka main game, nonton televisi, tidak menyukai sebuah pelajaran bahkan tidak menyukai gurunya? Jika sudah begini sulit bagi kita untuk mengubah mindset yang salah pada diri pelajar, akibatnya mereka tingal kelas atau sulit meraih nilai terbaik.


·          Double Mind Powe.  Dalam ilmu mind power dikenal istilah Double Mind Power, belajar menggunakan dua belah otak manusia, kanan atau kiri, sadar atau bawah sadar. Dengan menggunakan kedua sisi otaknya, seorang siswa akan mampu belajar lebih baik, lebih bergairah, dan dapat dishort cut langsung oleh bawah sadar mereka sehingga menghasilkan pemahaman yang cepat dan permanen.


 


Manfaat Peta Pikiran


Peta pikiran memiliki banyak manfaat seperti:


1.            Membaca


2.            Menulis


3.            Menghafal


4.            Meringkas


5.            Mengkaji ulang


6.            Mencatat


7.            Bedah buku


8.            Bedah artikel


9.            Presentasi


10.        Mengelola waktu


11.        Pidato


12.        Memecahkan masalah dan


13.        Menjalankan aktivitas apapun


 


Membuat Anak Menjadi Cerdas


·               Pelajar Bodoh dan Nakal. Adam Khoo awalnya adalah pelajar yang sangat bodoh. Ketika berusia 9 tahun ia harus dikeluarkan dari sekolahnya karena sangat bodoh dan sangat nakal. Semua sekolah menolak Adam Khoo. Sampai akhirnya Adam Khoo diterima di sekolah yang rankingnya terendah di Singapura. Di sini pun dia masih sangat nakal dan bodoh.


·               Boot Camp. Suatu ketika ada acara BootCamp di Singapura. Orangtua Adam Khoo yang putus asa mendaftarkan Khoo di kelas temporal itu. Selama seminggu Adam Khoo belajar Ingatan Super, Peta Pikiran, dll.


·               Terkaya Di Dunia. Sekeluar dari pelatihan singkat itu, mindset Adam Khoo berubah. Ia menjadi rajin belajar sehingga berhasil meraih rangking tertinggi. Ketika kuliah Khoo berhasil mendirikan perusahaan event organizer, sampai akhirnya Adam Khoo masuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia.


 


 


Pembuktian Manfaat Peta Pikiran


Mana yang lebih indah, mudah diingat, menyenangkan, ringkas catatan di kiri atau di kanan?


 


 


Semua orang sepakat mengatakan yang di sebelah kanan, catatan yang dibuat dengan Peta Pikiran. Jika demikian mengapa kita masih mempertahankan dan membiarkan siswa dan para guru, mahasiswa atau dosen menggunakan catatan linear seperti di sebelah kiri?


 


 


TENTANG ALFATETA


·          Alfateta Indonesia. Alfateta Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan pemberdayaan pikiran melalui pelatihan offline dan online yang berdiri sejak tahun 2007.


·          Sejarah Alfateta. Sebelumnya bernama Lemjuri (Lembaga Jurnalistik Mandiri) berdiri tahun 1987 dengan aktivitas pelatihan jarak jauh di bidang jurnalistik dengan jumlah siswa 5000 orang di seluruh Indonesia dan manca negara. Alfateta juga pernah bernama Pasukan (Penggerak Sukarelawan Anti Penyalahgunaan Narkoba) dan DNA (Dream N Action Community).


·          Visi Alfateta. Visi Alfateta Indonesia adalah Mewujudkan 4 Pilar Revolusi Mental yakni Revolusi Akhlak berbasis Agama, Revolusi Moral berbasis Ideologi Pancasila, Revolusi Budi Pekerti berbasis Budaya.  


·          Missi Alfateta.  Menciptakan masyarakat yang Cerdas, Mandiri, Sejahtera, dan Berakhlak.


·          Strategi Alfateta. Menyelenggarakan pelatihan di bidang perubahan mindset, pemberdayaan pikiran, dan keterampilan bangsa Indonesia. Saat ini Alfateta telah memiliki 50 modul pelatihan perubahan mindset, pemberdayaan pikiran, dan keterampilan berpikir.


·          Judul Pelatihan Alfateta. Alfateta memiliki lebih dari 50 pelatihan online dan offline. Tahun 2018 diharapkan Alfateta bisa menghimpun 200 pelatihan dari para trainer dan motivator Indonesia untuk disampaikan secara massal ke seluruh Indonesia. Pelatihan yang ada saat ini meliputi: Mind power, motivasi,  revolusi mental, change mindset, cara jadi manusia berkualitas, cara berpikir orang sukses, melejitkan prestasi siswa,  membaca sangat cepat, rahasia dapat modal tanpa jaminan, menulis buku sangat cepat, mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, revolusi karier, psikomagnetik, psikotransmiter, sixth sense marketing dll. Kami yakin pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam upaya mengubah mentalitas bangsa Indonesia sehingga dapat bergerak sejajar dengan bangsa maju di seluruh dunia.


·          Road Show Alfateta. Sebagian ilmu itu telah diajarkan kepada belasan ribu masyarakat dari Aceh sampai Papua dan kepada berbagai strata di seluruh Indonesia, baik sekolah, kampus, masyarakat, organisasi sosial dan politik, pendidik, kaum duafa, korban bencana alam, dll.


·          Alfateta beralamat di Graha Cempaka Mas Blok A 1 Lantai 16.

 


Pendiri dan pelatih

Alfateta Indonesia didirikan pertama kali oleh Bambang Prakuso BSM (Bukan Sekaran Motivator). Lulusan Sekolah Tinggi Publisistik yang telah menulis 35 judul buku dan ebook ini sangat peduli dengan proses belajar dan mengajar karena ia melihat Indonesia lamban merespon ilmu baru dan modern yang sangat bermanfaat bagi masa depan bangsa ini. Jika tidak segera diterapkan kita akan terlambat dan implikasinya kita akan tertinggal dan sulit mengejar ketertinggalan. Sebaliknya jika diajarkan secepatnya bangsa Indonesia akan mampu duduk sejajar dengan bangsa maju di seluruh dunia.


Mengapa pemerintah lamban merespon ilmu pengatahuan yang luar biasa di bidang mind power? Karena ilmu mind power baru dikenal tahun 1970an dan baru mengalami booming tahun 200an dengan munculnya percabangan mind power seperti psycho cybernetic, NLP (Neuro Linguistic Programing), NAC (Neuro Association Conditioning), Hypno Learning, Hypno Teaching, dll.


Bambang Prakuso, BSM sejak SMP telah meraih banyak prestasi khususnya di bidang karya tulis. SMP kelas 3 mendapatkan penghargaan dari Presiden Soeharto atas karyatulisnya P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Semasa SMA memenangkan beberapa kali lomba karya tulis di tingkat kabupaten dan propinsi di Medan Sumatra Utara. Saat ini telah menulis 35 judul buku dan ebook, serta menyusun 50 judul modul pelatihan mind power.


Tahun ini juga rencananya Bambang Prakuso BSM akan melakukan pelatihan untuk pelatih atau TFT (Training for Trainer) agar beberapa pelatihan sudah bisa diserahkan kepada pelatih atau trainer daerah.


 


Contoh mind mapping


Berikut ini adalah contoh Peta Pikiran yang telah dibuat secara manual oleh para siswa yang kami latih. Alfateta terus mengembangan cara membuat Peta Pikiran menjadi lebih baik dan sangat memberi manfaat pada siswa.


Peta Pikiran Dibuat Oleh Siswa SD

Peta Pikiran Dibuat Oleh Siswa SMP

Peta Pikiran Dibuat Oleh Siswa SMA


Pengembangan Pelatihan:


·          Alfateta terus mengembangkan pelatihan Peta Pikiran sehingga memiliki manfaat yang maksimal dalam proses belajar dan mengajar.


·          Teknik pelaksanaan pelatihan:


·          Sebelum pelatihan kami akan mengadakan briefing dulu dengan pihak sekolah agar para siswa dibagi dalam beberapa kelompok sejumlah pelajaran yang ada di sekolah.


·          Setiap kelompok akan membuat Peta Pikiran sebaik mungkin sehingga hasil dari kerja kelompok akan diambil yang paling baik kemudian disatukan dengan yang terbaik dalam kelompok lain.


·          Kompilasi Peta Pikiran ini kemudian akan diperbanyak dan dibagikan kepada seluruh siswa yang ikut pelatihan untuk dijadikan pedoman.


 

Investasi Pelatihan


Investasi untuk pelatihan ini normalnya adalah Rp 400 ribu untuk 5 jam. Silakan disearch di Google. Sebuah lembaga di daerah Jakarta Barat malah mematok Rp 3,5 juta untuk pelatihan lengkap Mind Mapping.


 Berapa investasi di Alfateta.


Khusus untuk pelajaran Peta Pikiran, Alfateta hanya mengenakan investasi:


1.     Privat dan Semi Privat. Untuk sementara kami tiadakan jenis ini.  


2.     Inhouse Training. Pelatihan diselenggarakan di sekolah selama 5 jam. Biaya per pelatihan:


·     50 orang          Rp 10.000.000 atau Rp 200.000/orang


·     100 orang        Rp 13.000.000 atau Rp 130.000/orang


·     200 orang        Rp 18.000.000 atau Rp 90.000/orang


·     300 orang        Rp 22.000.000 atau Rp 73.333/orang


·     400 orang        Rp 25.000.000 atau Rp 62.500/orang


·     500 orang        Rp 27.000.000 atau Rp 54.000/orang


 

Catatan:

Biaya termasuk transportasi pelatih

Tidak termasuk akomodasi (tempat pelatihan) dan

Makan siang atau coffee break.

 


Peralatan dibutuhkan:

Kertas putih

Spidol minimal 4 warna

Pinsil, pulpen, penghapus

Buku pelajaran



PENUTUP

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan kepada perwakilan kami di seluruh Indonesia.


 

Silakan didownload di


https://www.scribd.com/document/357000141/Proposal-Khusus-Peta-Pikiran-Mind-Mapping

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook