CARA MELEJITKAN PRESTASI SISWA

CARA MELEJITKAN PRESTASI SISWA

CARA MELEJITKAN PRESTASI SISWA

PROPOSAL UNTUK PENDIDIKAN

CARA MELEJITKAN PRESTASI SISWA/GURU

 


 

Smesco Tower Lantai 10 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 94 Pancoran, Jakarta Selatan 12740. Telepon 021-7981409.

www.alfateta.com

CARA MELEJITKAN PRESTASI SISWA

Melejitkan prestasi siswa bukanlah sekadar membuat siswa siswi kita menjadi pintar atau memiliki nilai yang tinggi. Melejitkan prestasi siswa di sini dimaksud bukan sekadar membuat siswa pintar dan cerdas di bidang mate-matika dan bahasa atau illmu eksak lainnya tapi juga cerdas dan berprestasi di luar kurikulum sekolah, seperti berprestasi di luar kurikulum seperti berprestasi di bidang seni lukis, tulis, seni suara, seni tari, seni melantunkan kitab suci, menciptakan robot, bermain drama dll.

Untuk bisa melejitkan kedua prestasi tersebut maka sekolah tidak saja harus membiasakan anak belajar dengan otak kiri, tapi juga otak kanan mereka sekaligus mendayagunakan pikiran mereka.

 

Pikiran seumpama corong. Dunia pendidikan mengisi air dari bagian yang kecil, sehingga anak-anak mengalami kesulitan dalam belajar, seperti merasa ingatannya lemah, tidak termotivasi, takut ujian, perhatiannya tidak tahan lama, merasa ingatannya buruk, merasa tidak cukup waktu untuk belajar, tidak suka gurunya, tidak suka pelajaran tertentu, suka main PS, game, nonton TV dll.

 

Sejak tahun 1980-an, ilmu mind power mulai dikenal. Tahun 2000an teknologi otak manusia mengalami booming luar biasa. Sejak tahun itu diperkenalkan ilmu-ilmu pikiran seperti mind atau brain power, NLP (Neuro Linguistic Programming), NAC (Neuro Association Conditioning), hypnoteraphy, dll. Sayangnya walaupun dunia pendidikan kita mengenal pemeo ganti menteri ganti kurikulum, namun pelajaran ilmu pikiran tidak tersentuh oleh sistem pendidikan kita. Itu sebabnya mengapa di saat Singapura dan Thailand sibuk menjadikan mind mapping jadi pelajaran wajib, jangankan siswa, guru kita pun banyak yang tidak tahu. Ketika Malaysia mewajibkan para siswanya wajib membaca sekian buku sebelum lulus, di negara kita guru pun malas membaca. Akibatnya ketika dilakukan survey oleh Unesco, tingkat daya baca kita kurang dari 1 buku setahun, sedangkan Malaysia, Thailand, Filipina daya bacanya 5 buku setahun. Dibandingkan dengan Jepang dan Eropa kita jauh ketinggalan.

 

Ketika hal di atas ditanyakan pada seorang mantan pejabat di Diknas, mengapa kita tidak mewajibkan mind mapping, super brain memory dan membaca cepat kepada pelajar kita? Dengan ringan jawabannya adalah “karena tidak ada dalam kurikulum”. Jawaban ini sungguh memprihatinkan. Karena itu Alfateta Indonesia tanpa campur tangan pemerintah, mencoba untuk memasukkan cara belajar berbasis mind power dalam dunia pendidikan secara nonformal.

Jika dunia pendidikan formal mengisi ilmu pengetahuan dari mulut corong yang kecil, maka ilmu mind power mengisi ilmu pengetahuan dari corong yang besar. Ini adalah teknik belajar modern . Double mind power misalnya adalah teknik belajar menggunakan double mind power, mind mapping, super memory, baca sangat cepat dll.

 

Sekolah yang sukses bukan saja menghasilkan pelajar yang pintar dalam pelajaran di sekolaht api juga di luar sekolah. Karena itu melejitkan prestasi sekolah bukan sekadar membuat anak menjadi pintar tapi juga cerdas dan berprestasi di luar sekolah untuk mempersiapkan masa depannya.

 

 

 


 

PILIHAN PELATIHAN

 

PENUNJANG  BELAJAR

1.    Cara Raih Nilai A. Berisi teknik belajar, seperti bagaimana teknik belajar yang benar, menghadapi anak yang lamban atau cepat menerima dan mengingat pelajaran, situasi dan kondisi belajar, cara meraih nilai tertinggi, cara mengatur waktu, cara menentukan tujuan, cara menghadapi godaan sesama teman, dll.

2.    Brain Map (Mind Mapping). Adalah teknik memetakan pelajaran dalam sebuah buku, dalam kurikulum dll. Saat ini banyak guru dan murid yang sudah belajar brain map. Tapi faktanya banyak guru dan murid yang tidak menerapkannya. Mengapa? Karena tidak memahami manfaat brain map. Padahal brain map tidak saja untuk mencatat, tapi menghapal, membaca buku, menyusun pidato, karya tulis, perencanaan, memecahkan masalah dll.

3.    Ingatan Super (Super Memory Brain). Banyak murid mengalami kesulitan dalam menghapal. Ini kiarena guru tidak memiliki waktu untuk mengajarkan cara mengingat. Jika pun ada perbendaharaan teknik menghapal sangat sedikit sekali. Padahal banyak teknik untuk menghapal kalimat, kata, rumus, kosa kata baru, angka dll.

4.    Membaca Cepat (Speed Reading). Ilmu Membaca kami bagi dua. Membaca Cepat dan Membaca Sangat Cepat.  Membaca cepat adalah mengenali kesalahan dalam membaca yang membuat membaca jadi sangat lamban. Selain itu diajarkan membaca teknik skiming dan scanning. Dengan memahami baca cepat tingkat 1, siswa sudah bisa meningkatkan daya bacanya 2 atau 5 kali lipat. Membaca Sangat Cepat adalah membaca tingkat 2, yakni bagaimana kita bisa membaca 1 hari 5 buku atau membaca 1 detik dua halaman. Pelatihan ini hanya bisa diberikan kepada mereka yang sudah bisa membacara tingkat 1. Dan pelatihan disampaikan oleh pelatih senior atu mereka yang sudah ahli dan membuktikan mampu membaca 1 hari 5 buku.

 

PEMBERDAYAAN PIKIRAN

1.    Wasana Wiyata. Wasana Wiyata adalah pelatihan yang mengajarkan bagaimana cara memberdayakan potensi pikiran kita yang masih tertidur. Tahukah Anda berapa persen potensi pikiran kita yang baru diberdayakan? Ya 0,001%. Sisanya tertidur. Pelatihan ini mengajarkan hukum pikiran, sifat pikiran, cara kerja pikiran.

2.    Change Mindset. Yuang bisa mengubah mindset seseorang adalah dirinya sendiri. Cara termudah untuk mengubah mindset seseorang bukan dengan nasihat atau pendidikan, tetapi dengan cara mengajarkan ilmu pikiran pada mereka. Jika mereka paham, maka sesungguhnya cara kerja kita mirip cara kerja komputer. Jika bermasalah kita harus cari virusnya dengan scanning. Setelah ditemukan diberantas. Jika tidak bisa ya harus diformat ulang dan install ulang.

3.    Psikomagnetik. Banyak siswa yang tidak tahu kemana setelah SMA. Mereka tidak diajarkan cara membuat impian apalagi berbasis mind power. Alfateta mengajarkan kepada para siswa bahwa bahwa siapa kita di masa depan ditentukan oleh hari ini, apa yang masuk di pikiran kita hari ini. Sekali impian dibuat maka dia akan mencari jalannya. Tapi sayang karena tidak diajarkan ilmu psikomagnetik, kebanyakan pemuda tidak mengetahui apa impian mereka, dan jika gagal mencapai impiannya mereka frustasi dan menerima nasib apa adanya.

 

KETERAMPILAN PIKIRAN

1.    Jurnalistik. Junralistik adalah tulisan yang memiliki missi memberi informasi.  Ilmu jurnalilstik  meliputi mengenal dunia penerbitan pers, cara meliput (mencatat fakta dan wawanara), menyusun berita, menciptakan investigative atau interpretative reporting. Lengkap dengan mengajarkan hukum jurnalistik, bahasa Indonesia jurnalistik, dan fotografi jurnalistik.

2.    Feature. Feature adalah tulisan semacam jurnalistik namun memiliki missi mendidik, menghibur atau mempengaruhil.  Jenis feature seperti feature perjalanan, biografi, wisata, ilmiah populer, sosial, dll. Tulisan feature umumnya enak dibaca dan perlu.

3.    Kiat Jitu Melamar Kerja. Apakah ini pelajaran hanya untuk para lulusan SMA saja? Tidak. Pelatihan ini berguna untuk pelajar SMP. Dengan mengikuti pelatihan ini pelajar akan menyadari bahwa mereka harus memanfaatkan waktu mereka sedini mungkin untuk mempersiapkan masa depan. Semakin banyak pengalaman dikumpulkan semakin mudah mereka mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

4.    Internet Marketing. Adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana internet bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat khususnya membantu siswa dalam mencari uang. Pelatihan ini misalnya bagaimana membuat website pribadi, blog, memanfaatkan FB, WA, line untuk berjualan. Intinya bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari internet.

5.    Public Speaking,. Publis speaking adalah ilmu bagaimana cara berbicara di depan umum. Dengan ilmu ini diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri untuk terjun ke masyarakat sebagai pembicara, menuturkan pendapat dan gagasannya secara sistematis.

6.    Studenpreneur. Mengajarkan kepada para siswa untuk mehami dunia wirausaha. Kita berharap di masa depan, para pelajar tidak lagi bercita-cita jadi pegawai, tapi jadi pengusaha. Semakin banyak pengusaha di Indonesia maka Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan secara ekonomi di dunia internasional

 

 

PELATIHAN UNTUK GURU

1.    Change mindset for Teacer. Bukan saja siswa yang harus diubah mindsetnya, tetapi juga guru. Bagaimana mungkin seorang guru bisa mengubah mindsetnya jika dia sendiri tidak dapat mengubah mindsetnya. Untuk mengajarkan mindset, Alfateta selalu memulai dengan pengenalan terhadap cara kerja pikiran atau otak.

2.    Melejitkan prestasi siswa. Mengajarkan secara sepintas ilmu-ilmu mind power yang dapat digunakan sebagai tambahan teknik mengajar. Guru harus mengetahui walau secara sekilas tentang cara murid bisa meraih nilai A, cara murid memahami pelajaran dengan brain map, cara murid mengingat cepat mudah dan permanen dengan ingantan super, dan tahu bagaimana menciptakan murid yang gemar belajar.

3.    Hypnotic  teaching. Merupakan teknik mengajar dengan menggunakan prinsip-prinsip hipnosis. Seringkali ilmu psikologi dan padegogik yang dimiliki guru tidak mampu menghadapi problematik pelajar saat ini.  Faktanya banyak guru yang tidak tahu bagaimana mengajar dengan pendekatan mind power.

4.    Creative Writing. Guru haruslah bisa menulis baik artikel atau buku tanpa harus diiming-imingi kenaikan jabatan jika bisa menulis. Menulis adalah kewajiban guru. Sebenarnya guru punya waktu untuk menulis. Tapi faktanya banyak guru yang tidak bisa menulis. Bagaimana mereka bisa menuturkan idenya dengan baik kalau tidak bisa menulis. Tulisan yang dimaksud adalah jenis jurnalistik, feature, atau kolom.

5.    Penulisan Buku. Banyak guru bahkan profesor pun belum punya buku. Apa yang salah. Seorang guru akan memiliki nilai lebih jika ia bisa menulis buku. Menulis buku di zaman sekarang seharusnya lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu sebelum ada komputer dan internet. Kini zaman semakin modern, guru tetap saja tidak bisa menulis buku. Pelatihan ini mengajarkan cara menulis buku ilmiah populer.

 

 

WAKTU/DURASI BELAJAR

Untuk mudahnya kami membagi 2 waktu/durasi belajar, yakni:

1.    Kursus panjang (Long Course). Kursus panjang berdurasi 5-7 jam (1 hari). Long course bisa mengajarkan 3-4 materi di atas sekaligus. Implikasi dari pengumpulan beberapa pelajaran dalam 1 hari adalah materi jauh lebih banyak daripada praktek.  Namun demikian hal ini tidak masalah, karena pelatihan dapat dilakukan sendiri setelah dituntun praktika pendek di ruang kelas.  

2.    Kursus pendek (Short Course). Kursus pendek berdurasi 2-3 jam (1 hari).  Short course mengajarkan hanya 1 materi. Keuntungan short course adalah waktunya pendek namun lebih banyak praktek.  Untuk brain map sendiri dapat dijadikan minimal 5 pertemuan, seperti brain map mate-matika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Biologi, Sejarah, IPS, dll.

 

PESERTA PELATIHAN

·      SD sederajat, sebaiknya kelas 3 ke atas. Kecuali kelas 3 ke bawah tidak hiper aktif.

·      SMP sederajat/SMA sederajat

·      Mahasiswa

·      Guru

·      Dosen

 

BIAYA

·           Biaya sangat bergantung dari kebijakan di daerah setempat.  Sebagai informasi pelatihan sejenis brain map atau Ingatan Super di Jakarta Rp 400 ribu per 2-4 jam. Bahkan ada yang memberikan biaya Rp 3,5 juta untuk beberapa kali pertemuan. Berapa biaya di Alfateta?  Yang pasti sangat terjangkau. Kami menyesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah. Apalagi saat ini Alfateta Indonesia telah memiliki pewaralaba trainer/motivator di tingkat kecamatan, kabupaten, dan propinsi.

·           Jika pelatih harus pelatih utama, maka dikenakan biaya akomodasi dan transporatsi dari Jakarta.

·           Jika Anda member Alfateta akan mendapatkan biaya khusus.


PESERTA AGAR BAWA:

1.       Buku gambar
2. Buku tulis
3. Buku pelajaran 1 atau 2 buku apa saja
4. Pensil
5. Penghapus
6. Spidol warna warni min 3 warna.

 

PENUTUP

ROAD SHOW (DARI 2006 - 2016)


Telah memberikan pelatihan kepada puluhan ribu orang di hampir seluruh propinsi di Indonesia, semua lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, buruh, karyawan, manajer, direktur, pegawai pemerintah dan swasta, aparat kepolisian, wartawan, medis dan para medis, wirausahawan, business owner, agamawan, kaum duafa, anak jalanan, pemuka masyarakat, anggota orsospol, dan banyak lagi.

·       SEKOLAH.800 siswaSMP Negeri 2 Tulung Agung, 100 Pelajar SMP Ciracas Jaktim, 100 pelajar SMA Negeri Baturaja Sumsel , 100 siswa MAN Baturaja Sumsel, 100 siswa SMA Negeri Muara Enim Sumsel, 200 SMA Negeri 6 Kediri, 60 siswa SMA 10 Bogor, SMA 74 Jakarta, 100 siswa SMAK 2 Surakarta, SMA 74 Jakarta,1500 Santri dan Ahwat PesantrenMusadadiyahGarut, dll).50 siswaSMP 4 (Imersi) Pemalang,200 Pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa Bengkalis Riau, 200 santri Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis,dll.

·       PERGURUAN TINGGI.60 mahasiswaIAIN Syarif Hidayatullah Ciputat, 100 mahasiswa STIP Trisakti Jakarta Timur, Akademi Perawatan Kesehatan Sintang (Kalbar), 50 mahasiswa Fakultas Kedokteran Univ Gajahmada Yogyakarta, 150 mahasiswa IBII (Institut Bisnis dan Informatika Indonesia), STAIN Kediri, Universitas Jambi, IPB Bogor),200 mahasiswaIISIP Jakarta.

·       INSTANSI SWASTA/INSTANSI PEMERINTAH.70 karyawanCV Anugerah Rezeki Jakarta, 1000 karyawan Purna Bhakti Inalum (Indonesia Alumunium Sumut) Medan (dari 2009-2015), 150 karyawan Bank Perkreditan Rakyat BKK Taman Pemalang, 250 anggota Polres Sintang, 30 marketing Raywhite East Kemang, 25 karyawan danFront LinnerPPIPTEK TMII, DCL (De Classic Life), 100 member V-Net Jakarta, 200 member MLM DCL di Lombok, 50 member MLM NCW Jakarta, 50 karyawan BBC English Training Specialist, 50 marketing Asuransi Prudential Prodigy, 50 marketing Smart Prudential Jakarta, 80 karyawan Pabrik tas Samruci Jakarta. 60 karyawan Purnabakti Bank Indonesia. 200 marketing asuransi AXA,60 staf bagian SDM Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta, 50 Staf Kementerian Informasi dan Komunikasi Jakarta, 30 Staf P3ED Medan Sumut, 100 staf Bapedasu Sumatra Utara, 100 wirausaha binaan Pertamina Makasar Sulut, 150 karyawanAnissa Tour & Travel Jakarta,50 pemuda rehabilitasi NarkobaDivisi Rehabilitasi BNN (Badan Narkotika Nasional) Jakarta,150 member MLMGolden Grow International,30 karyawanRuai TV Pontianak,30 membership MLMSCO Jakarta,150 karyawanCredit Union Pontianak,100 member MLMBiomagworld Jakarta, 70 marketing PT Sinas Sosro Jakarta, 70 sales PT Bluescope Lysaght Jakarta., 100 calon pensiunan karyawan PTP 3 Sei Karang Medan Sumut, 200 marketing Prudential Prumegas Bali, 300 karywan PT Vulkanin Jaya Bogor Jabar.

·       YAYASAN:70 anak jalanan binaanYayasan Himmata Jakarta Utara, 200 anggota Yayasan Binetram Jakarta Pusat, 100 guru SMP Yasda Serang, 20 Anak-anak jalanan kota madya Medan, 30 karyawan Pemda Sintang, 50 pemuda PKC Nahdhatul Ulama Kediri, 100 jemaah Islamic Center Pondok Labu, 70 masyarakat Desa Cileley Kuningan (Jateng), 20 siswa peserta Bimbel PDI Perjuangan, 600 (tota) anggota partaiPAN (Partai Amanat Nasional)dan simpatisannya di Jakarta-Lampung-Yogya,100 wanita Kaukus Perempuan Politik Indonesia, 50 anak di penampungan sampah Bantar Gebag Komunitas Anak Hebat Pimpinan Kak Beki, 100 Fakir Miskin Bandar lampung, 40 anak korban Bencana Alam Situ Gintung binaan Yayasan Al Azhar, 80 asyarakat korban bencana Alam Gunung Merapi, 200 ibu-ibu Pemda Tarakan, Kaltim,

·       GURU-GURU:Lebih dari 10.000 guru yang dilatih dari berbagai tempat seperti: Guru-guru STM Cikini, Guru-guru di Sumut (Medan, Tebing Tinggi, Asahan), di Riau (Batam, Tanjung Pinang), di Lampung (Metro, Rajabasa, Bandar Lampung), Jawa Barat (Ciamis, Banjar Negara, Garut, Kuningan, Cirebon), Yogyakarta (Klaten, Bantul, Wonosari), Jateng (Magelang, Puworejo, Boyolali, Cilacap, Solotigo, Kendal, Sragen), Jatim: Ponorogo, Gresik, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lamongan, Pacitan, Tulung Agung, Blitar, Madiun, Nganjuk, Ngawi, Kediri), Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan Sumut, Sekolah Global Mandiri Cibubur, guru-guru PAUD se Tasik Malaya.

Foto-foto pelatihan dapat dibuka di www.alfateta.com

 

 

 

 


RIWAYAT HIDUP PELATIH UTAMA ALFATETA

 

BAMBANG PRAKUSO, BSM ALFATETA, SD, SMP, SMA di MEDAN SUMUT, SEKOLAH TINGGI PUBLISISTIK JAKARTA, No HP: 081380642200 -087775477733, FB: Bambang Alfateta, WA: 081380642200, Email: bambangprakuso@gmail.com, Website: www.alfateta.com

Pengalaman Kerja:

Wartawan Harian Pos Kota . Redaktur Pelaksana Majalah Dinamis. Pemimpin Redaksi Majalah HRD. Pemimpin Umum Majalah Travel Club. HRD Manager Pt Punj Loyd Indonesia Palembang. HRD Manager Master Piece Jakarta. Public Relations Indofood Group. Promotion Manager Ramandha Supermarket. General Manager Marketing PT Indosigma Jkt.. Wakil Direktur CV Sawerigading, Banyuwangi. Direktur Operational PT Zega Ritel Indopromo Jkt. Direktur Operational PT Proconfo Indopromo Jkt. Direktur Operational PT Sentra Dinamika Mandiri. Sekarang: Pelatih utama dan Direktur Pelatihan Alfateta Indonesia Mind Power Academy (

 

Buku Yang Ditulis (35 Buku):

Psikotransmiter, (Komunikasi Bawah Sadar). Menjadi Kaya Sukses dan Sehat dengan Kekuatan Pikiran, Rahasia Mulai Usaha dengan Modal Orang Lain, Rahasia Dapat Modal Tanpa Jaminan. Tanpa Bunga Tanpa Hutang, Career Revolution, 10 Jurus Menaklukkan Personalia, Rahasia Catatan Harian, Brain Power, Cara Meraih Nilai A, Baca Cepat, My Dream, Revolusi Mental. Kerusakan Otak Sumber Dekadensi Moral. Indonesian Dream. Pedoman Pengurus OSIS, Agenda dan Buku Harian, Kamus Kata Baku, Belajar Jurnalistik tanpa Guru, Public Relations, How To Handle Corp. Magazine.

 

Pelatih Untuk Ilmu

·       Mind Power untuk Pendidikan (MInd Mapping, Super Memory, Super Speed Reading)

·       Mind Power untuk Perubahan Mindset (Pelajar, Penduduk, Orangtua, Pekerja, Anggota Organisasi, Pegawai &Aparat Pemerintah.

·       Mind Power untuk Penyembuhan

·       Mind Power untuk Pemberdayaan Pikiran (Psikotransmiter, Mind Reading, Suatu Sense)

·       Creative Writing (Jurnalistik, feature, kolom, Corporate Magazine, Penulisan Buku dll)

·       Career Revolution (Karyawan Berkualitas)

·       Entrepreneurship (Kewirausahaan)

·       Menjadi Manusia Berkualitas

·       Internet Marketing

·       Kiat Jitu Melamar Kerja

·       Dll

 

Prestasi

1.  Pemenang lomba karya tulis tingkat Kabupaten Deli Serdang Sumut 1980

2.  Pemenang lomba karya tulis tingkat Sumatra Utara , tahun 1981

3.  Lomba Karya Tulis Tingkat Kotamadya Medan Sumut, 1983

3.  Pemenang Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional, 1979.

 

 

 

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook